Thursday, February 7, 2013

CARA MENGOBATI BEKAS LUKA DI HATI !!

Memang tak ada obat untuk menyembuhkan luka hati atau patah hati. Luka itu lahir karena perpisahan dengan orang yang sangat dicintai. Orang bijak bilang, bahwa waktu akan mampu menyembuhkan segala luka. Namun sembuh dari luka hati sungguh memerlukan waktu yang amat panjang dan sulit. Kadang-kadang luka hati tak sembuh hingga akhir hayat kita.
Lantas, bagaimana caranya untuk menyembuhkan luka di hati lantaran cinta terbuang ?
  1. Bersabar
Menyembuhkan patah hati membutuhkan waktu jauh lebih lama dari yang anda perkirakan. Orang masih terus bersedih, meski waktu telah berlalu 4-5 bulan, atau bahkan setahun. Tetapi dengan kesabaran dan kepasrahan, anda akan bisa melewati masa-masa sulit dengan hati yang tabah. Yakinlah bahwa bukan hanya dia yang bisa anda cintai. Tuhan akan memilihkan anda jodoh yang lebih baik.
  1. Jangan menyalahkan diri sendiri
Biasanya, kalau kehilangan seseorang yang dicintai, orang akan bertanya pada dirinya sendiri : Apakah aku telah berbuat salah ? Lantas, dia akan menyalahkan dirinya sendiri. “Jangan merasa bersalah,” tulis Dr Philip Golabuk dalam bukunya Recovering From Broken Heart. “Andasudah cukup menderita.”
  1. Terima dengan Pikiran Terbaik
Terimalah keadaan ini dengan lapang dada. Yakinlah bahwa segala sesuatu yang terjadi pada diri anda, selalu ada hikmahnya. Belajarlah dari penderitaan ini agar jangan terulang dilain hari. Pastikan anda akan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.
  1. Jangan Menutup Diri
Ingatlah bahwa anda tidak sendiri. Luka hati memang membuat sedih, tetapi janganlah menutup diri dan menghindar dari teman-teman, keluarga, relasi dan orang-orang yang dekat dengan anda. Mereka justru bisa menjadi penyembuh bagi luka hati anda. Nasihat dan bantuan mereka sangat anda perlukan. Bagilah kesedihan dan cinta anda kepada mereka.
  1. Meditasi
Dalam saat-saat sepi, terutama menjelang tidur, luka hati akan semakin terus terasa. Untuk itu, cobalah melawannya dengan meditasi. Duduklah diatas lantai kamar dengan bersilang kaki, letakkan tangan dipaha dengan telapak tangan menghadap keatas. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Kosongkan pikiran dan lupakan segala hal yang terjadi di siang hari. Segala rasa nyeri di hati akan segera hilang. Sesudah itu, berdoalah kepada Tuhan agar senantiasa dilindungi-Nya.
  1. Perenungan
Renungkan dan ingat-ingat kembali masa-masa bersama mantan kekasih, masa-masa yang tidak menyenangkan dan sulit. Sadarkan diri anda bahwa hal-hal buruk itu, misalnya perselisihan, kepahitan dan sebagainya telah berakhir dan tak akan terulang lagi.
  1. Jangan Membuat Keputusan
Dalam masa sulit dan sedang dirudung kesedihan ini, sebaiknya anda jangan tergesa-gesa membuat keputusan untuk pacaran lagi. Atau jangan membuat keputusan yang dibuat dalam kondisi sedih dan pikiran kacau tak akan membuahkan sesuatu yang baik.
  1. Bergembiralah
Jangan duduk diam dan menyendiri dirumah. Buat acara makan malam dengan teman-teman, nonton film, kepantai atau main kerumah teman. Lakukan apa saja untuk melupakan rasa sakit hati.

No comments:

Post a Comment